PT Yanee | Projects

Mengapa Mini Excavator adalah pilihan yang tepat untuk Proyek Anda?

Judul di atas sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Tepat atau tidak nya penggunaan mini excavator bergantung pada kapasitas pekerjaan yang akan dikerjakan. Apabila pekerjaan penggalian mencapai volume di atas 2000 m3 sebenarnya penggunaan mini excavator tidak disarankan, namun dengan catatan.

Catatan yang perlu diperhatikan adalah

  1. Area Ruang Gerak unit.
    Apakah di proyek anda memiliki ruang unit yang lepas atau bebas. Penggunaan Excavator besar yang pada umum nya adalah PC200 akan memakan ruang gerak yang sangat besar. Radius perputaran unit yang diperlukan untuk PC200 bisa 8-10 meter untuk keamanan unit. Jadi apabila galian anda di lahan yang lepas tanpa ada gangguan, Excavator PC200 adalah pilihan yang tepat. Namun apabila galian anda sangat dekat dengan bangunan, atau dekat dengan infrastruktur yang ada di proyek mungkin lebih baik untuk mempertimbangkan unit yang lebih kecil seperti excavator PC78 atau PC128 di mana unit ini ZERO TAIL SWING (atau dalam bahasa Indonesia tidak memiliki pantat body) sehingga perputaran unit hanya sebesar track unit tersebut yang akhirnya sangat menghemat area pergerakan dan resiko untuk menyenggol gedung atau pekerjaan lain di proyek sangat minim.
  2. Tipe Galian yang diperlukan
    Banyak pekerjaan biarpun volume besar namun yang digali hanya mungkin kedalaman 1 meter dengan lebar galian 60cm. Untuk pekerjaan seperti ini biarpun volume besar dan di lapangan tidak ada gangguan, namun apabila menggunakan PC200 maka anda akan boros di solar, karena mesin PC200 yang besar sehingga boros solar. Biarpun bucket PC200 bisa diganti dengan bucket kecil yang lebar 60cm, namun kecepatan pergerakan dengan unit yang lebih kecil sama saja. Kecepatan gali juga sama saja dengan unit kecil dan pergerakan swing juga sama. Menimbang dari kecepatan gali dan swing yang sama saja, maka akan lebih baik jika memakai mini excavator mulai dari PC50, PC78, ataupun PC128 karena solar yang digunakan lebih hemat sehingga dari segi biaya akan lebih irit.
  3. Akses Infrastruktur
    Di beberapa lokasi proyek biasa infrastruktur tidak mendukung untuk penggunaan PC200. Misalnya ada gapura atau gerbang yang rendah, lebar jalan masuk yang sempit, atau proyek yang masuk jalan kecil sehingga tidak diijinkan unit besar. Dalam kondisi ini Mini Excavator sangat memberikan kemudahan untuk menjangkau area-area tersebut.

Di atas merupakan beberapa pendapat dan masukan dari Tim PT Yanee – Rental Mini Excavator Surabaya yang telah berpengalaman menyewakan mini excavator selama lebih dari 14 tahun. Apabila ada kebutuhan di proyek yang perlu dikonsultasikan bisa menghubungi kami sesuai dengan kontak kami di Website www.ptyanee.com

Salam Sukses dan Sehat Selalu!

Share this post

Search
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Recent Posts

Newsletter

Subscribe for our monthly newsletter to stay updated

Gallery

Related Post

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut